Pages

Yamaha Scorpio 2008

| Selasa, 19 Oktober 2010 | |


5458scorpio---endro-1.jpgSudah jadi hal wajar kalau modifikasi mengorbankan beberapa sisi. Apalagi kalau modifikasi yang dilakoni sudah total, Pastinya sudah tidak bisa lagi disamakan seperti motor standar.

Kalau sudah begitu, pastinya harus ada yang ngalah, keluarga misalnya. Istri dan anak-anak enggak bisa lagi leluasa dibonceng dan berkendara bersama.

"Saya enggak mau seperti itu, meski motor sudah modifikasi, istri dan anak juga harus tetap bisa ikut menimati," ujar Helmy Hetmansyah, pemilik Scorpio dari komplek Marinir Rangkapan Jaya Baru, Maruyung, Depok.5459scorpio---endro-2.jpg

Helmy memang getol memodifikasi. Tercatat sudah ada dua motor miliknya yang sudah dirombak total. Salah satunya Honda GL-Pro Neo Tech yang juga pernah nampang di Em-Plus edisi 524. "Waktu itu konsep desainnya meniru Aprilia SMV 750," cerita Helmy lagi.

Dari pengalamannya itu, Helmy paham sudah waktunya bikin motor modif tapi tetap nyaman dipakai untuk keluarga. "Kalau motor sebelumnya masih egois, paling cuma saya saja yang bisa menikmanti,"celoteh pria berkantor di markas Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan itu.

Makanya ubahan di Scorpio kali ini sektor kenyamanan jadi perhatian khusus. "Tampilan seperti modifikasi total harus berubah dari Scorpio standar tapi tetap harus nyaman juga dipakai berboncengan," lanjut Helmy lagi.

5460scorpio---endro-3.jpg"Rangka asli hampir enggak ada yang diubah. Malah tangki juga tetap pakai milik standar Scorpio," ujar Wardoyo modifikator dari bengkel Gandul 2wheel Custom di Ambara, Gandul, Cinere, Depok.

Ubahan inilah yang perlu pemikiran ekstra. Pasalnya kalau modif ekstrem tinggal potong rangka untuk mendukung bodi sesuai keinginan. Sekarang tampilan bodi yang juga harus meyesuaikan rangka standar Scorpio.

Untungnya tampilan bergaya hypermotard yang diminta Helmy. Jadi, rangka Scorpio standar sangat mendukung dengan ubahan seperti ini. "Tinggal andalkan kaki-kaki lebar biar tampilan akhir yang diinginkan bisa terwujud," jelas Wardoyo.

Memperkuat kakai-kaki, bagian depan dipilih suspensi upside down yang khusus untuk trail. Helmy cukup pakai part aftermarket buatan Thailand. "Cuma karena untuk dipakai di jalan raya aja, jadi enggak perlu pakai copotan motor SE," ujar Wardoyo berargumentasi.

Tampilan muka jadi kuncian ubahan. Desain cover lampu depan ambil dari hypermotard Aprilia Dorsoduro. "Model cover lampu menyatu dengan sepatbor depan yang berukuran lebih kecil. Ini juga yang jadi ciri khas besutan hypermotard," yakin Wardoyo.

DATA MODIFIKASI

Ban depan : FDR 110/70x17
Ban belakang : FDR 130/70x17
Pelek : Camps
Lampu depan : Jupiter MX

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar