Pages

:. Honda Tiger Revo 2008

| Selasa, 19 Oktober 2010 | |

JAP'S STYLE!

5654tiger-gt-1.jpgDemam Jap’s Style bikin ngiler bahkan sampai ngeces Achmad Handry Yosep yang saban hari ngegas Honda Tiger Revo keluaran 2008. Tapi, Chemonk, panggilan dekat Achmad Handry Yosep ogah jiplak Jap’s Style murni. Doi lebih memilih British style.

“Konsepnya tetap retro, tapi arahnya buat motor kelihatan ber-cc besar dan klasik,” bilang Chemonk yang juga anggota Honda Tiger Mailing List (HTML), Jakarta.5655tiger-gt-2.jpg

Tunggu dulu, Bro. British style alias gaya modifikasi eranya BSA ataupun Triumph 1970-an. Pastinya desainnya simpel dan kompak. Garis desainnya serba minimalis alias ringkas. Salah satu pamor modifikasi ala British Style adalah cafe racer.

“Pengerjaannya sendiri yang ngelakuin. Kalau mentok paling minta saran dari teman di komunitas,” ujar Chemonk yang asli Betawi from Palmerah, Jakarta Barat.

5656tiger-gt-3.jpgKalau dilihat tongkrongannya yang sekarang, gaya Tiger punya Chemonk sudah digeser. Tiger yang dilahirkan dengan konsep sport cruiser dibongkar dari tangki sampai belakang. “Sori nih, penyelesaiannya belum sempurna. Pastinya masih ada lagi perubahan, tapi enggak tahu kapan,” ujar lajang 29 tahun ini.

Perubahan paling jelas tangki Tiger yang gembung dan tinggi diganti punya punya Yamaha RS. Yamaha RS dikenal di era 1970-an. Model tangki Yamaha RS jauh lebih simpel dibanding Tiger. Tangki RS enggak bikin motor kelihatan berotot.5657tiger-gt-4.jpg

Posisi paling atas penampung bensin RS pun sejajar dengan riser setang. Terus, bagian sisi kanan-kirinya sangat langsing. Pemasangannya pun tetap mengandalkan lubang braket tangki asli punya Tiger. Jadi, seandainya mau ganti tangki asli Tiger enggak banyak kerja tambahan. “Tapi, lihat sendiri, kan enggak hilang harmonisnya dengan mesin. Dapu pacu tetap kelihatan pas dipadu tangki RS,” jelas Chemonk yang pekerjaannya PNS, Jakarta Pusat.

Tangki yang simpel dan rendah disatukan dengan bokong seksi dengan menggunakan tapak ban 160. Artinya, buritan terlihat ekstrem dibanding bagian depan. “British style pun bukan, kan kalau lihat bagian belakang? Pokoknya retro, deh,” cerocos Chemonk yang sedang ngincar Honda CB400.

Tapak ban lebar bukan kerjaan gampang. Solusinya, gir gendong alias modifikasi gir depan supaya rantai bisa digeser agak ke kiri. Eiiit, gir gendong enggak diterapkan Chemonk. “Bikin as baru yang langsung nyambung ke gir boks,” yakin Chemonk.

DATA MODIFIKASI


Ban depan : Battlax 110/60-18
Ban belakang : Battlax 160/60-18
Pelek depan : Champ 3,00 x 18
Pelek belakang: Champ : 4,00x 18
Sok depan : Aprilia RS250

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar