Pages

Cigugur, Kuningan Terkenal dengan Wisatan ikan DEWA

| Sabtu, 16 Januari 2010 | |

Cigugur, Kuningan

maps.google.com


Langsung ke: navigasi, cari
Kecamatan Cigugur

Peta lokasi Kecamatan Cigugur
Provinsi
Jawa Barat
Kabupaten
Kuningan
Camat
Ahmad Wiraatmaha, S.Ap
Luas
3023,639 Ha;
Jumlah penduduk
42.349 jiwa
 - Kepadatan
- jiwa/km²
Desa/kelurahan
10
Cigugur adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Daftar isi




Batas-batas Wilayah

 WIsata Balong Cigugur & Terapi Ikan Ajaib



KUNINGAN, (PRLM).- Aneh tapi nyata. Begitulah yang selama sebulan ini terjadi di objek wisata Pemandian Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Ratusan ribu ikan nilem yang berada di kolam pemandian tersebut mempunyai tingkah baru, yakni mengigit kulit pengunjung yang berendam.
Padahal, sebelumnya, ikan nilem yang keluar bila kolam pemandian lagi pasang, tidak pernah menggigit. Bahkan bila ada pengujung yang mandi, ratusan ribu ikan lebih suka menjauh.
Karena kebiasaan baru yang aneh dari ikan nilem itu, objek wisata Pemandian Cigugur kini ramai dikunjungi orang. Tiap hari, dari pagi hingga lepas Maghrib, pengunjung rata-rata lebih dari seribu orang.

"Biasanya, pada hari normal pengunjung paling banyak dua puluh orang. Sekarang, setelah ikan nilem itu menggigit, sudah sebulan lebih pengunjung rata-rata seribu orang tiap hari," tutur Alek (40), salah satu pengurus objek wisata tersebut.
Banyaknya pengunjung tidak lain karena gigitan ikan itu dipercaya bisa menyembuhkan banyak penyakit. Mereka datang untuk mengikuti terapi gigit ikan yang oleh penduduk setempat sebagai sebuah keanehan. "Aneh. Ikan nilem itu kini menggigit dan gigitannya dipercaya bisa menyembuhkan banyak penyakit," tutur Enjang, pengurus lainnya.
Terapi gigit ikan belakangan memang menjadi trend sebagai bagian dari pengobatan alternatif. Bahkan klinik terapi non konvensional ini menjamur di kota-kota besar. Bagi sebagian orang, terapi ini bahkan menjadi gaya hidup (sosialita) dimana komunitas tertentu menetapkan jadwal khusus untuk pengobatan alternatif tersebut. Karena itu, setelah mendengar ikan nilem di Pemandian Cigugur menggigit, ribuan orang langsung berdatangan.
Tak hanya dari Kuningan, pengunjung datang dari Majalengka, Sumedang, Subang, Indramayu, Ciamis. Bahkan orang-orang Cina datang khusus dari Jakarta dan Semarang.
"Mereka (orang-orang Cina:red.) datang rombongan. Sekali datang bisa lima sampai sepuluh bus. Mereka justru lebih dulu tahu manfaat dari gigitan ikan nilem itu,

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar